Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut)

Amelia, Putri (2019) Efektivitas Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Disgrafia (Single Subject Research di Kelas II SDN 17 Jawa Gadut). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PUTRI_AMELIA_15003062_5268_2019.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan anak disgrafia yang tidak berminat untuk belajar yang peneliti temukan di SDN 17 Jawa Gadut. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak disgrafia melalui media gambar berseri. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Penelitian ini menggunakan desain Al-B-A2. Dimana kondisi Al (baseline) adalah kondisi awal anak belajar sebelum perlakuan dan tindakan. Kondisi B (intervensi) dimana kondisi minat belajar anak disgrafia diberikan perlakuan melalui media gambar berseri. Sedangkan kondisi A2 (baseline) adalah kondisi minat belajar anak setelah intervensi tidak lagi diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, persentase minat belajar anak disgrafia tanpa melalui media gambar berseri terlihat meningkat dengan keterjalan rendah. Kedua, persentase minat belajar anak disgrafia melalui media gambar berseri terlihat meningkat dengan keterjalan tinggi. Ketiga, persentase minat belajar anak disgrafia setelah diberikan intervensi melalui media gambar berseri terlihat meningkat. Dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri terbukti lebih efektifuntuk menigkatkan minat belajar anak disgrafia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:59
Last Modified: 24 Feb 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25394

Actions (login required)

View Item View Item