Hubungan Perhatian Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA

Suhadi, Farisa (2019) Hubungan Perhatian Orangtua dengan Prestasi Belajar Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FARISA_SUHADI_15006120_5834_2019.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa disekolah ialah bentuk perhatian yang diberikan oleh orangtua. Perhatian orangtua memberikan peranan yang besar dalam keberhasilan belajar siswa. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum mendapatkan perhatian dari orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk perhatian orangtua, (2) prestasi belajar siswa, dan (3) menguji hubungan bentuk perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah sebanyak 432 orang siswa kelas XI dan XII SMA Pertiwi 1 Padang dan sampel sebanyak 208 orang siswa menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner perhatian orangtua dan prestasi belajar dilihat dari nilai semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa melalui program statistik SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk perhatian orangtua berada pada kategori sedang, (2) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang postif signifikan antara bentuk perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,137 dengan nilai signifikan sig.(2-tailed) sebesar 0,048 dan nilai Pearson Correlation sebesar 1 dengan tingkat hubungan lemah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:58
Last Modified: 24 Feb 2020 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item