Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) yang diberi Penugasan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman Materi Sistem Gerak Pada Manusia Tahun Ajaran 2019/2020.

Rahmaini, Eza (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share(TPS) yang diberi Penugasan Mind Map terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman Materi Sistem Gerak Pada Manusia Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_EZA_RAHMAINI_15031104_5569_2019.pdf

Download (678kB) | Preview

Abstract

Hasil pencapaian kompetensi belajar IPA kelas VIII SMPN 2 Pariaman masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi belajar dan kesiapan belajar peserta didik masih rendah. Salah satu cara untuk meminimalisir masalah tersebut yaitu penugasan membuat Mind Map pada pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif Penugasan Mind Map pada Pembelajaran Tipe Think Pair Share terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman. J enis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Lubuk Pariaman 2019/2020. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen VIII.4 dan kelas kontrol VIII.5. Kelas eksperimen diberikan perlakuan penugasan membuat Mind Map pada penerapan Think Pair Share, sedangkan kelas kontrol penerapan metode diskusi dan ceramah. Data kompetensi pengetahuan didapatkan dengan tes akhir, kompetensi sikap dengan lembaran observasi dan penilaian kompetensi keterampilan dengan instrumen keterampilan produk. Dari kegiatan penelitian dan analisis data didapatkan data homogen dan normal pada kompetensi pengetahuan kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 77,23, dan 66,79 pada kelas kontrol, pada kompetensi keterampilan dengan rata- rata 76,61 pada kelas eksperimen dan 68,11 kelas kontrol, pada kompetensi sikap yaitu 76,94 pada kelas eksperimen, pada kelas kontrol 70. Dengan demikian dapat disimpulkan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) yang diberi penugasan mind map materi sistem gerak pada manusia berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 2 Pariaman tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: mind map, think pair share, kompetensi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:58
Last Modified: 24 Feb 2020 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25383

Actions (login required)

View Item View Item