Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktik Lapangan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (PLBKS)

Oktafia, Heida (2019) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Praktik Lapangan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (PLBKS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_HELDA_OKTAFIA_15006013_5894_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurang efektifnya pembekalan yang diberikan jurusan, kurang optimalnya pelaksanaan progam layanan, kekurangan waktu dalam praktek layanan sehingga materi dalam satu RPL tidak tuntas disampaikan, pemberian kesempatan latihan mengajar yang masih kurang, dan sarana prasarana sekolah mitra yang tidak memadai menimbulkan kesulitan dalam melaksanakan kegiatan layanan konseling. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya pembekalan yang diberikan dan kurangnya waktu dan fasilitas yang diberikan sekolah mitra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan praktik lapangan bimbingan dan konseling di sekolah (PLBKS) FIP UNP di Kota Padang Semester Juli-Desember 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa BK yang telah mengikuti PLBKS sebanyak 98 mahasiswa dan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan PLBKS berada pada kategori baik, dan persepsi berdasarkan masing-masing aspek ( 1) Persepsi mahasiswa berdasarkan aspek persiapan pelaksanaan PLBK di Sekolah berada pada kategori baik (54,08%). (2) Persepsi mahasiswa berdasarkan aspek kegiatan mahasiswa pelaksana PLBK di Sekolah berada pada kategori baik (62,24%). (3) Persepsi mahasiswa berdasarkan aspek pembimbingan mahasiswa pelaksana PLBK di Sekolah berada pada kategori baik (46,94%). (4) Persepsi mahasiswa berdasarkan aspek evaluasi kegiatan PLBK di Sekolah berada pada kategori baik (56,12%). Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pengelola PLBK dan dosen pembimbing untuk dapat memberikan pembekalan kepada mahasiswa dan memperhatikan kegiatan mahasiswa mulai dari awal sampai akhir pelaksanaan agar tercapainya tujuan dari PLBK di Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:58
Last Modified: 24 Feb 2020 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25381

Actions (login required)

View Item View Item