Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X.

Sisriwati, Yefi Yuni (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YEFI_YUNI_SISRIWATI_16205077_2309_2019.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) berbasis pendekatan saintifik yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penelaian. Pada penelitian pendahuluan, peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep dalam matematika. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Painan Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar valiadasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil analisis terhadap lembar validasi RPP dan LKPD menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid. Perangkat pembelajaran juga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. selain itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:23
Last Modified: 21 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25377

Actions (login required)

View Item View Item