Pembuatan Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) menggunakan Kaea GMR sebagai Substrat dan Ekstrak Buah Naga (Hylocereus polyrhizusi sebagai Dye Sensitizer.

Mafalocty, Vicie (2019) Pembuatan Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) menggunakan Kaea GMR sebagai Substrat dan Ekstrak Buah Naga (Hylocereus polyrhizusi sebagai Dye Sensitizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) adalah sel surya generasi ketiga sebagai altematif dalam pembuatan sel surya murah dengan potensi kinerj a yang tinggi. DSSC merupakan sel surya fotoelektrokimia yang menggunakan energi cahaya untuk reaksi kimia yang menghasilkan energi listrik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat DSSC dengan menggunakan lapisan tipis GMR dan mengetahui pengaruh variasi konsentrasi zat wama dan variasi waktu perendaman elektroda kerja dalam zat wama terhadap efisiensi DSSC. Dalam pembuatan DSSC pada penelitian ini digunakan substrat GMR yang dibuat dari lapisan C0Fe204/Zn/C0Fe204. Material organik yang digunakan, dye dari buah naga (hylocereus polyrhizus) yang diekstrak dengan pelarut metanol : BCL DSSC memiliki struktur sandwich yang tersusun dari semikonduktor oksida, material organik dye, elektrolit dan substrat (counter electroda dan elektroda kerja). Basil karakterisasi dengan XRD pada serbuk GMR menunjukkan puncak difraksi yang tinggi dan tajam dengan struktur kristal hexagonal dan kubik serta ukuran kristal 38,11 nm. Karakterisasi lapisan tipis GMR menggunakan SEM terlihat bahwa lapisan GMR dipermukaan kaca belum sempuma dan ketebalan rata-rata lapisan tipis GMR sebesar 3,5 µm. Pada karakterisasi absorbsi cahaya dimana ditemukan 2 puncak absorbsi, satu pada panjang gelombang sekitar 480 nm dan kedua sekitar 535 nm. Dengan analisis spektroskopi FTIR menunjukkan bahwa dye buah naga memiliki gugus karbonil dan hidroksil sehingga dye bisa berikatan dengan baik pada permukaan ZnO. Basil konversi cahaya matahari menjadi energi listrik diperoleh efisiensi variasi konsentrasi zat wama didapatkan efisiensi tertinggi pada konsentrasi 50% sebesar 0,41 % dan efisiensi tertinggi waktu perendaman sebesar 1,16% pada waktu perendaman 5 jam. Kata kunci: DSSC, Buah naga, GMR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:23
Last Modified: 21 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25376

Actions (login required)

View Item View Item