Kendala dan Upaya Petani Karet dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Jorong Jolok Sungai Sirih Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Citra, Citra (2019) Kendala dan Upaya Petani Karet dalam Meningkatkan Kesejahteraan di Jorong Jolok Sungai Sirih Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CITRA_1305981_5849_2019.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Jorong Jolok Sungai Sirih Nagari Pulakek Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan yang bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang 1) Kendala-kendala petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan. 2) Upaya petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah petani karet di Jorong Jolok Sungai Sirih Kabupaten Solok Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan bahwa kendala petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan di Jorong Jolok Sungai sirih kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan adalah : a) Kendala petani karet dari segi pemenuhan kebutuhan pangan, papan, dan sandang. b) Kendala petani karet dari segi kesehatan c) Kendala petani karet dari segi pendidikan d) Kendala petani karet dari pendapatan e) Kendala petani karet dari segi pendapatan sampingan. 2) Upaya petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan yaitu dengan cara melakukan pekerjaan seperti mencari kayu bakar, buruh angkut balok kayu, pencari ikan dan belut, mencari sayuran, buruh serabutan, membuat anyaman, bercocok tanam, operator lampu genset dan mesin bajak sawah, garin mesjid, dan sopir truk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:23
Last Modified: 21 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25373

Actions (login required)

View Item View Item