Pelaksanaan Program Padang Cerdas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang dalam Menigkatkan Akses Pendidikan bagi Masyarakat Kurang Mampu

Alesia, Dena (2019) Pelaksanaan Program Padang Cerdas oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang dalam Menigkatkan Akses Pendidikan bagi Masyarakat Kurang Mampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DENA_ALESIA_15052049_4982_2019.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Program Padang Cerdas Oleh Baznas Kota Padang dalam meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat kurang mampu serta mengidentifikasi bentuk pendanaan beasiswa dan pemerataan akses dari Program Padang Cerdas. J enis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penyajian data diuraikan dengan bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu yang sesuai dengan masalah penelitian. teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member cheeck, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Padang Cerdas yang dilakukan oleh Baznas Kota Padang secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dari: 1). Komunikasi yang berupa sosialisasi yang telah dilakukan oleh penyelenggara pada saat pengambilan dana di kantor baznas kota padang, 2). Pemetaan target yang telah disesuaikan dengan kebijakan yang telah dibuat oleh penyelenggara. Seperti menargetkan lima kuota tiap sekolah. 3). Respon yang menunjukkan bahwa penerima beasiswa padang cerdas dan pihak sekolah menunjukkan respon positif. Dari pihak penyelenggara pun berpendapat selama ini tidak ada kendala ataupun keluhan dari penerima beasiswa padang cerdas. kemudian mengenai pendanaan program padang cerdas secara keseluruhan berasal dari dana zakat yang telah terkumpul di kantor Baznas Kota Padang, dan setelah itu mengenai mekanisme pembayaran dilakukan dengan memberikan uang cash guna menghindari permasalahan permasalahan yang terjadi. mengenai pemerataan akses Baznas selaku peluncur program padang cerdas sudah memeratakan seluruh sekolah agar pihak sekolah bisa mendaftarkan siswa untuk mendapatkan beasiswa padang cerdas. Tetapi ada beberapa hal yang menjadi permasalahan dalam pelaksanaan Pogram Padang Cerdas yaitu pemertaan akses Yang mana ada beberapa sekolah yang tidak mendapatka beasiswa ini dikarenakan sosialisasi yang dilakukan hanya melalui surat edaran yang dianggap kurang efektif. Sehingga ada sekolah yang tidak menghiraukan surat tersebut dan hasilnya sekolah tidak mengirimkan data anak yang layak mendapatkan beasiswa Padang Cerdas. Berdasarkan dari temuan peneliti, maka diharapkan bagi pihak penyelenggara program dan pihak sekolah agar dapat bekerja sama demi membantu pendidikan bagi anak Kota Padang yang kurang mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:23
Last Modified: 21 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25369

Actions (login required)

View Item View Item