Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MA Swasta Kabupaten Tanah Datar.

Hafiz, Muhammad (2019) Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MA Swasta Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUHAMMAD_HAFIZ_17205024-2663_2019.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa MAS Kabupaten Tanah Datar masih tergolong rendah. Hal ini karena siswa yang masuk ke sekolah swasta merupakan siswa yang tidak lulus seleksi di sekolah negeri, selain itu pembelajaran masih terpusat pada guru dan kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menjadi salah satu kendala yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan PCL pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PCL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi barisan dan deret. Penelitian dilakukan pada dua kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PCL sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan akhir (post-test) diberikan setelah perlakuan PCL dilakukan, sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan menggunakan uji parametrik untuk data berdistribusi normal yang memiliki variansi homogen dan non parametrik untuk data tidak berdistribusi normal dan memiliki variansi tidak homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Dari uji hipotesis 1 diperoleh nilai t hitung yaitu 2,827 yang lebih besar dari t tabel yaitu: 2,056 dengan sig.2-tailed nya adalah 0,015 yang lebih kecil dari taraf nyata ( ). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PCL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAS Salimpaung. Uji hipotesis 3 diperoleh rata-rata kemampuan akhir berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 6,92 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 3,40 dengan nilai Asyim sig.(2-tailed) adalah 0,011 yang lebih kecil dari taraf nyata ( ). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan PCL lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MAS Salimpaung. Untuk uji hipotesis 2 diperoleh nilai t hitung yaitu 3,249 yang lebih besar dari t tabel yaitu: 2,056 dengan sig.2-tailed nya adalah 0,007 yang lebih kecil dari taraf nyata ( ). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PCL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAS Salimpaung. Uji hipotesis 4 diperoleh rata-rata kemampuan akhir pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen adalah 6,54 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 3,80 dengan nilai sig.2-tailed nya adalah 0,001 yang lebih kecil dari taraf nyata ( ). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan PCL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas XI MAS Salimpaung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Feb 2020 03:23
Last Modified: 21 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25367

Actions (login required)

View Item View Item