Pengembangan Alat Evaluasi Mata Pelajaran IPA Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Kelas IX Semester I.

Saputra, Wilvi Eko (2019) Pengembangan Alat Evaluasi Mata Pelajaran IPA Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Kelas IX Semester I. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_WILVI_EKO_SAPUTRO_15177045_1889_2019.pdf

Download (979kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian PISA (Programme International for Student Assesment) dari tahun 2000 sampai 2015 menunjukkan bahwakemampuan literasi sains siswa Indonesia masih sangat rendah, yaitu peringkat 2 sampai 7 dari peringkat terbawah. Pengukuran kemampuan literasi sains tersebut dapat dilakukan menggunakan alat evaluasi.Alat evaluasi yang digunakan guru di sekolah jauh berbeda dengan yang ada pada studi PISA.Untuk itu telah dikembangkan alat evaluasi berbasis literasi sains.Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat evaluasi mata pelajaran IPA berbasis literasi lains yang valid, praktis, dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp, yang terdiri 3 tahap yaitu preliminary phase, prototype phase dan assessment phase. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi pra penelitian untuk guru dan siswa, lembar evaluasi diri untuk mengevaluasi soal oleh peneliti, lembar uji validitas untuk penilaian validitas logis soal oleh validator,dan uji validitas secara empiris menggunakan rumus product moment. Lembar uji praktikalitas untuk guru dan siswa, soal berbasis literasi sains serta lembar wawancara dan respon siswa setelah mengerjakan soal IPA berbasis literasi sains. Uji reliabilitas soal Pilihan ganda menggunakan rumus KR 20 yaitu rumus Kuder Richardson 20 dan tes uraian, majemuk, dan sikap menggunakan rumus Cronbach-Alpha. Berdasarkan hasil penelitan,nilai validitas soal secara logis dan empiris untuk soal IPA berbasis literasi sains yang peneliti rancang adalah 78,33% dengan kategori valid.Nilai praktikalitas pada soal IPA berbasis literasi sains dari guru sebesar 84,12% dan dari peserta didiksebesar 81.13% sehingga rata-ratanya menjadi 82,13% dengan kategori praktis. Nilai praktikalitas diberikan berdasarkan kemudahan penggunaan, keefektifan waktu, menginterpretasikan, ekuivalensi.Nilai reliabilitas soal yang dikembangkan sebesar 0,85 dengan kategori sangat tinggi, artinya soal tersebut sudah reliabel jika diujikan pada peserta didik manapun akan menghasilkan nilai yang hampir sama atau tidak jauh berbeda. Nilai efektifitas soal yang dikembangkan sebesar 60,58% kategori sedang, artinya soal IPA berbasis literasi sains yang telah dikembangkan cukup efektif untuk mengukur literasi sains peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 21 Feb 2020 00:52
Last Modified: 21 Feb 2020 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25355

Actions (login required)

View Item View Item