Peningkatan Basil Belajar Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang.

Kurnia, Liza (2019) Peningkatan Basil Belajar Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_LIZA_KURNIA_1100693_6122_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru kelas dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) peneliti menemukan bahwa RPP yang dibuat kurang nampak adanya inovasi dari guru, tetapi terlihat bahwa RPP tersebut persis sama dengan apa yang ada dibuku guru dan dibuku siswa, Materi yang ada di RPP masih terlalu minim sebagai mana yang ada pada buku siswa.Pada proses pelaksanaannya pembelajaran masih terfokus pada guru sehingga siswa kurang diikutsertakan aktif dalam pembelajaran, mengakibatkan pengetahuan dan keterampilan siswa kurang terlihat, kurang percaya diri dalam merumuskan hipotesisnya sendiri, kurang tertarik untuk berpikir secara kritis dan mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatanpembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah dengan jumlah siswa 24 orang. berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II.Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP siklus I adalah 77,8% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,6% (SB), pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 80,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,31% (SB), pada aspek siswa siklus I adalah 78,12% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,18% (SB) dan Penilaian pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 70,32 (C), meningkat pada siklus II menjadi 90,26 (SB). Dengan demikian model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:06
Last Modified: 20 Feb 2020 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25352

Actions (login required)

View Item View Item