Efektivitas Layanan Informasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Jannah, Raudhatul (2019) Efektivitas Layanan Informasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAUDHATUL_JANNAH_16151065_4771_2019.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik dalam kegiatan belajar menunjukkan perilaku self control yang rendah, yakni pada proses kegiatan belajar berlangsung peserta didik melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan proses belajar. Peserta didik juga mudah marah, menunda membuat tugas, dan jenuh dalam belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan self control peserta didik adalah dengan layanan informasi model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan model problem based learning untuk meningkatkan self control peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan The Non Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.3 sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VIII.8 sebagai kelompok kontrol di SMP Negeri 13 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah self control dengan skala model Likert. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel. Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi model problem based learning efektif untuk meningkatkan self control peserta didik. Terjadi peningkatan skor self control pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih besar daripada kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada guru BK dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling agar menggunakan layanan informasi model problem based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:27
Last Modified: 20 Feb 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item