Pemberdayaan Perempuan Pekerja Batik Loempo dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kenagarian Ampuan Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan

Fadli, Muhammad (2019) Pemberdayaan Perempuan Pekerja Batik Loempo dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kenagarian Ampuan Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUHAMMAD_FADLI_14052030_5147_2019.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Rendahnya tingkat kesejahteraan ekonomi keluarga di Nagari Ampuan Lumpo membuat perempuan harus ikut berperan dalam menenuhi kebutuhan keluarga. U saha Batik Loempo merupakan bentuk usaha memberdayakan perempuan di Kenagarian Ampuan Lumpo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pemberdayaan perempuan pekerja batik loempo dan mengetahui kontribusi perempuan pekerja dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dilakukan di Kenagarian Ampuan Lumpo Kabupaten Pesisir Selatan. Informan penelitian dipilih dengan metode purposive sampling, sesuai masalah dan tujuan penelitian. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan pekerja melalui U saha Batik Loempo bertujuan untuk meningkatkan pendapatan perempuan agar lebih mandiri secara ekonomi. Konsep pemberdayaan yang dilakukan berupa pemberian pelatihan dan fasilitas dalam membatik. Kontribusi perempuan pekerja Batik Loempo dapat membantu meningkatkan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:26
Last Modified: 20 Feb 2020 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item