Pendidikan Karakter melalui Mentoring Studi Kasus : Siswa Perempuan SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang

Mustika, Mega (2019) Pendidikan Karakter melalui Mentoring Studi Kasus : Siswa Perempuan SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MEGA_MUSTIKA_15058086_5948_2019.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui program mentoring di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang, Mendeskripsikan pengembangan karakter siswa melalui program mentoring di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Padang, dan mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat pendidikan karakter melalui program mentoring. J enis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. informan penelitian adalah kepala sekolah SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang, Pengelola mentoring, mentor dan Pesereta mentoring. data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Analisis interaktif Miles dan Huberman yakni data reduction, dat display dan data conclusion drawing I verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan program mentoring di SMP Perguruan Islam Ar Risalah Kota Padang memiliki kegiatan utma dan kegiatan pendukung. Kegiatan utama adalah kegiatan yang secara rutin dilaksanakan pada hari jumat setiap minggunya, dan kegiatan pendukung berupa rihlah, memasak bersama dan nobar bersama, 2) terdapat pembinaan karakter melalui program mentoring. karakter yang dibina melalui program mentoring adalah pertama karakter religius terlihat dari pemahaman peserta mentoring terhadap pemahaman keislaman semakin bertambah, kedua karakter peduli sosial yang dibina melalui kegiatan rihlah atau silahturahmi ke panti asuhan, ketiga karakter bertanggung jawab didapatkan peserta mentoring melalui pembagian tugas yang dilakukan selama mentoring, keempat karakter bersahabat atu komunikatif karakter ini dibina dari kegiatan mentoring yang dilakukan secar terns menerus sehingga meninmbulkan rasa persaudaraan setiap anggota mentoring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:00
Last Modified: 20 Feb 2020 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item