Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dalam Proses Pembelajaran Penjas di SMK Negeri 6 Padang

Saputra, Randi (2019) Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dalam Proses Pembelajaran Penjas di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RANDI_SAPUTRA_14087250_215_2019.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah kurang terampilnya mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan dalam kegiatan proses pembelajaran penjas. Dengan adanya persepsi siswa tentang mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan ini dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana persepsi siswa tentang keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan dalam proses pembelajaran penjas di SMK Negeri 6 Padang. Uji coba angket dilakukan kepada 22 orang siswa SMK Negeri 6 Padang dari kelas XI BUSANA dan XI KULINER dengan uji coba dengan product moment dan relibilitas alpha cronbach dan teknik belah dua . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 22 dengan 30 item pernyataan. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket yang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekuensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = F/N × 100%. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan persepsi siswa tentang keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan (PPLK) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 6 padang hasil persentase yang diperoleh yaitu dari keterampilan membuka pelajaran 59,5%, keterampilan menjelaskan pelajaran 63,1%, keterampilan mengelola kelas 63,6% dan keterampilan menutup pelajaran 51,7%. Hal ini dapat dilihat bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan (PPLK) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dalam proses pembelajaran penjas di SMK Negeri 6 Padang dengan tingkat pencapaian sebesar 59,5% termasuk kategori Cukup. Kata Kunci: Persepsi, keterampilan mahasiswa program pengalaman lapangan kependidikan (PPLK)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:00
Last Modified: 20 Feb 2020 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25340

Actions (login required)

View Item View Item