Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Meningkatnya Kadar Gula Darah Pasien di Klinik Fanisa Kota Pariaman dengan Menggunakan Analisis Faktor.

Hasanah, Farah Khamsatul (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Meningkatnya Kadar Gula Darah Pasien di Klinik Fanisa Kota Pariaman dengan Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FARAH_KHAMSATUL_HASANAH_15030005_3461_2019.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Diabetes melitus adalah suatu penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah seseorang (berada diatas batas normal), akibat dari kelainan sekresi insulin dan kerja insulin. Kadar gula darah yang menumpuk di dalam darah yang tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh akan mengakibatkan gangguan pada tubuh. Diabetes melitus tipe 2 merupakan jenis diabetes melitus yang banyak ditemui. Diabetes melitus tipe 2 menjadi ancaman bagi kesehatan manusia di Indonesia dan di dunia, salah satunya di Kota Pariaman, tepatnya di Klinik Fanisa. Penderita diabetes melitus tipe 2 di Klinik fanisa ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya kadar gula darah pasien diabetes melitus tipe 2 di Klinik Fanisa Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan data primer. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien diabetes melitus tipe 2 yang berobat ke Klinik fanisa Kota Pariaman bulanjanuari-Desember 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 orang pasien dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan metode Accidental Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner yang terdiri dari 15 pemyataan dengan skala likert. Analisis data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa dari enam variabel sebagai umur (xl ), indeks massa tubuh (x2), asupan makanan (x3), kepatuhan minum obat (x4), aktivitas fisik (x5), dan stres (x6) diperoleh lima variabel. Diperoleh terdapat dua faktor yang mempengaruhi meningkatnya kadar gula darah pasien di Klinik Fanisa. Faktor pertama dibangun oleh variabel umur dan aktivitas fisik, sedangkan faktor kedua dibangun oleh variabel indeks massa tubuh, asupan makanan, dan kepatuhan minum obat. Kata kunci : Diabetes Melitus, Kadar Gula Darah, Analisis faktor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Feb 2020 01:45
Last Modified: 20 Feb 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item