Strategi Pembelajaran Pada Pelatihan Budidaya Jamur Tiram oleh UKM Ukhtina Suci di Kelompok Tani Rohana Kudus Bungus Timur

Sari, Atri Bunda (2019) Strategi Pembelajaran Pada Pelatihan Budidaya Jamur Tiram oleh UKM Ukhtina Suci di Kelompok Tani Rohana Kudus Bungus Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_ATRI_BUNDA_SARI_15005018_5802_2019.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya partisipasi warga belajar pada pelatihan Budidaya Jamur Tiram oleh UKM Ukhtina Suci di Kelompok Tani Rohana Kudus Bungus Timur. Diduga karena strategi pembelajaran yang digunakan oleh instruktur. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai: 1) strategi pembelajaran dalam penetapan metode oleh instruktur, 2) strategi pembelajaran dalam penggunaan media oleh instruktur, 3) strategi pembelajaran dalam pola interaksi oleh instruktur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah warga belajar yang mengikuti pelatihan budidaya jamur tiram di kelompok tani Rohana Kudus Bungus Timur pada tahun 2019 yang berjumlah 15 orang, semua pupulasi dijadikan sampel yang disebut dengan responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, alat pengumpulan data adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran dalam penetapan metode oleh instruktur dikategorikan baik, 2) strategi pembelajaran dalam penggunaan media oleh instruktur dikategorikan baik, 3) strategi pembelajaran dalam pola interaksi oleh instruktur dikategorikan baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan strategi pembelajaran pada pelatihan budidaya jamur tiram dikategorikan sangat baik. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada instruktur dapat lebih meningkatkan lagi strategi pembelajaran dan kepada pengelola diharapkan dapat memberikan pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:59
Last Modified: 19 Feb 2020 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25331

Actions (login required)

View Item View Item