Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Kemampuan Awai Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Padang.

Arini, Arini (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Kemampuan Awai Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ARINI_17177041_3476_2019.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan di SMAN 5 Padang yaitu rendahnya kompetensi belajar siswa disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran terutama saat diskusi. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan aktifitas siswa adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dan kemampuan awal terhadap kompetensi belajar Biologi peserta didik Kelas XI SMAN 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian factorial design 2x2 untuk kompetensi ranah pengetahuan dan The Static Group Comparison Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk ranah pengetahuan dan non tes untuk ranah sikap dan keterampilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA dua arah dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Group Investigation dan kemampuan awal terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan peserta didik dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal peserta didik. Selanjutnya pada kompetensi sikap dan keterampilan kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation dan kemampual awal dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 5 Padang. 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:14
Last Modified: 19 Feb 2020 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25327

Actions (login required)

View Item View Item