Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Example Non­ Example tentang Materi Pemanasan Global terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 4 Pariaman.

Defri, Marisa (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Example Non­ Example tentang Materi Pemanasan Global terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MARISA_DEFRI_15031110_3785_2019.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang masih sering muncul saat pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran oleh guru kurang bervariasi. Strategi pembelajaran yang digunakan guru yang kurang tepat. Bahkan tidak jarang dijumpai proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Banyak peserta didik yang kurang berani bertanya dan memberikan pendapat serta terlihat bosan selama proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena guru jarang menggunakan model pembelajaran, hanya berpedoman pada buku, masih menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media yang variatif. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik memiliki minat dan kompetensi belajar yang rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Pariaman. Penelitian ini termasuk eksperimen-semu (quasi­experimental research) karena variabel tidak bisa di kontrol sepenuhnya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII SMPN 4 Pariaman yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih Kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dan Kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian ini meliputi kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t, kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung > ttabel ( 2,95 > 1,67), pada kompetensi sikap nilai thitung > ttabel (3,09 > 1,67) dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung > ttabel (1,72 > 1,67). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemgaruh model Cooperatif Learning tipe Example Non­Example tentang materi pemanasan global memberikan pengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik Kelas VII SMPN 4 Pariaman. Kata Kunci: Example Non­Example, materi pemanasan global, kompetensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Feb 2020 04:14
Last Modified: 19 Feb 2020 04:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25326

Actions (login required)

View Item View Item