Efektivitas Pendekatan Cognitive behavior Modification dalam Mengurangi Perilaku Pomografi Siswa SMAN 1 Sungai Geringging dengan setting Kelompok

Sari, Indah Kumala (2019) Efektivitas Pendekatan Cognitive behavior Modification dalam Mengurangi Perilaku Pomografi Siswa SMAN 1 Sungai Geringging dengan setting Kelompok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ INDAH_ KUMALA_SARI_15006064_5908_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pomografi saat ini sangat mengkhawatirkan masyarakat, berbagai konten dan materi pomografi begitu mudah untuk diakses oleh remaja. Banyak kalangan remaja menyaksikan konten pomografi dengan mengaksesnya di berbagai situs, dan grup media sosial. Perilaku pomografi adalah suatu tindakan dimana seseorang menyaksikan, membaca, atau mendengar dan membicarakan suatu materi seksual secara eksplisit, sehingga menimbulkan hasrat dan gairah seksual. Penelitian ini bertujuan untuk ( 1) mendeskripsikan perilaku pomografi pada siswa SMAN 1 Sungai Geringging (2) mendeskripsikan pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) mengurangi perilaku pomografi (3) Menguji efektivitas perbedaan pendekatan Cognitive Behavior Modification dengan setting kelompok sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre­ eksperimen dengan rancangan penelitian the one goup pretest posttest design. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa SMAN 1 Sungai Geringging kelas XI IIS 1.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data wilcoxon signed range test design. Hasil penelitian menunjukkan ( 1) secara umum tingkat perilaku pomografi siswa kelas XI IIS.1 berada pada kategori sedang, (2) secara umum pendekatan cognitive behavior modification dengan setting kelompok dapat mengurangi perilaku pomografi siswa, (3) berdasarkan analisis uji data wilcoxon signed range test design disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku pomografi siswa sebelum dan sesudah diberikan pendekatan cognitive behavior modification. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan cognitive behavior modification dapat mengurangi perilaku pomografi pada siswa, untuk itu guru bimbingan dan konseling perlu menerapkan pendekatan ini dalam la

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:57
Last Modified: 19 Feb 2020 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25322

Actions (login required)

View Item View Item