Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Format Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Siswa".

Gustiana, Lita (2019) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Format Kelompok untuk Meningkatkan Disiplin Siswa". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_LITA_GUSTIANA_17151028_5811-2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disiplin siswa memiliki pengaruh yang besar terhadap segala hal, baik urusan belajar maupun kepentingan pribadi, sosial dan karir. Alasan irasional menjadi faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran disiplin siswa. Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy format kelompok merupakan teori dan praktik konseling yang relatif tepat untuk meningkatkan disiplin siswa. Rational Emotive Behaviour Therapy dapat merubah cara berpikir siswa yang tidak logis atau irasional dan menggantinya dengan cara berpikir yang logis atau rasional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Padang dengan 10 siswa kelompok eksperimen dan 10 orang siswa kelompok kontrol yang terindikasi melanggar disiplin dengan kategori sangat tinggi, tinggi dan sedang. Instrumen yang digunakan berupa skala disiplin siswa yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smimov 2 Independent Samples. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy format kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin siswa, di mana setelah diberikan perlakuan, disiplin siswa kelompok eksperimen meningkat secara signifikan. Hal ini juga terlihat dari hasil Kolmogorov Smimov 2 Independent Sample, Jika dibandingkan, maka terdapat perbedaan yang signifikan skor rata-rata posttest antara kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy format kelompok dengan kelompok kontrol yang diberikan treatmen tanpa pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy. Hendaknya pelaksanaan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy format kelompok dapat lebih diintensifkan ke dalam bentuk program BK dan dirancang dengan sebaik-baiknya oleh konselor/guru BK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:41
Last Modified: 19 Feb 2020 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25321

Actions (login required)

View Item View Item