Pengaruh Penerapan Model Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 4 Padang

Vrastyo, Muhammad (2019) Pengaruh Penerapan Model Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUHAMMAD_VRASETYO_15004063_5231_2019.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya basil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Padang. Hal ini dikarenakan guru yang menggunakan model konvensional, sehingga proses pembelajaran belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan menerapkan model Role Playing. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan dengan model Role Playing terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 4 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian quasi eksperimen dengan penerapan model Role Playing pada kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan penerapan model konvensional di kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 4 Padang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII.5 dan VII.4 masing masing berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk objektif sebanyak 40 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata 77,50 pada kelas VII.5 yang menggunakan model Role Playing, sedangkan untuk kelas VII.4 diperoleh nilai rata-rata 70,94 yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,208 dan ttabel sebesar 2,000 pada taraf nyata a = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Role Playing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap basil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:09
Last Modified: 19 Feb 2020 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item View Item