Efektivitas Aplikasi Lampion Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampion Dari Benang Jahit Bagi Anak Tunarungu kelas VIII Di SLB Negeri 2 Padang

Denara, Yolla (2019) Efektivitas Aplikasi Lampion Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampion Dari Benang Jahit Bagi Anak Tunarungu kelas VIII Di SLB Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YOLA_DENARA_15003189_5026_2019.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan membuat lampion dari benang jahit bagi anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian experimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan aplikasi lampion efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membuat lampion dari benang jahit bagianaktunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berbentuk pre­ eksperimental dengan jenis one group pretest­postest design. Subjek penelitian ini 5 orang anak tunarungu di SLB N 2 Padang. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pertama (pretest) untuk mengetahui kondisi awal kemampuan dalam membuat lampion dari benang jahit, tahap kedua yaitu diberikan (treatment) dengan menggunakan aplikasi lampion, selanjutnya tahap ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (post­test) diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Tast. Hasil penelitian data diperoleh rata-rata pretest yaitu 31,80 sedangkan untuk post-test terdapat peningkatan yakni menjadi 85,80. Data diolah menggunakan uji Wilcoxon Tast, rank tast antara pretest dan posttest 2,032 dengan Asymp.Sig (2-tailed) 0,042. Nilai probabilitas yang diperoleh dari uji analisis dibandingkan dengan probabilitas yang telah ditetapkan yaitua = 0,05. Hipotesis alternative diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,042 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan aplikasi lampion efektif dalam meningkatkan dari benang jahit bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:09
Last Modified: 19 Feb 2020 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25311

Actions (login required)

View Item View Item