Pengembangan modul stoikiometri dengan tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA.

Melini, Meni Lovia (2019) Pengembangan modul stoikiometri dengan tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MENI_LOVIA_MELINI_15035031_5562_2019.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Stoikiometri merupakan materi pelajaran kimia yang di anggap sulit oleh peserta didik. Pengembangan Modul dengan tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA merupakan salah satu altematif untuk mempermudah memahami stoikiometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul stoikiometri dengan tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA dan mengungkapkan validitas dan praktikalitas yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D ini terdiri dari beberapa tahap yaitu : (1) pendefenisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), (4) penyebaran (disseminate). Penelitian ini barn dilakukan sampai tahap develop yaitu uji validitas dan praktikalitas. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket yang berupa lembar validasi dan praktikalitas. validasi dilakukan oleh 5 orang ahli yaitu 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 29 orang peserta didik SMAN 1 Linggo Sari Baganti. Hasil analisis data uji validitas diperoleh momen kappa rata-rata sebesar 0,87 dikategorikan sangat tinggi. Hasil analisis data uji praktikalitas diperoleh momen kappa rata-rata dari guru sebesar 0,78 dikategorikan tinggi dan dari peserta didik 0,81 dikategorikan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka modul stoikiometri dengan tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA sudah valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Modul, stoikiometri, inkuiri terstruktur, tiga level representasi, model 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:09
Last Modified: 19 Feb 2020 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item View Item