Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Pengelola Informasi (KKPI) Kelas XI SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapi.

Lubis, Aminah Desy Yani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Pengelola Informasi (KKPI) Kelas XI SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AMINAH_DESY_YANI_LUBIS_15004002_5104_2019.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Peneglola Informsi (KKPI) si SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapi yaitu guru menerapkan pembelajaran lajaran konvensional. Proses pembelajaran juga masih cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hasil belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Pengelola Informasi (KKPI) di SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ dan Siswa Kelas XI ATU SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapiyang teraftar pada tahun 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga ditetapkan kelas XI ATU sebagai kelas sampel dengan menggunakan model pembelajaran e-learning sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKJ sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini adalah dengan menggunakan tes dan alat pengumpulan data berbentuk tes hasil belajar dengan bentuk soal objektif berikut subjek yang ingin diamati oleh peneliti sesuai perilaku subjek yang muncul dan data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran e-learning adalah 85,067 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,498 sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 72,150 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,080 berdasarkan perhitungan pada uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,93 sedangkan ttabel pada taraf 0,05 adalah 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran e-learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer Pengelola informasi (KKPI) kelas XI Di SMK Negeri 1 Lembah Sorik Marapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:43
Last Modified: 18 Feb 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item