Pengembangan media presentasi interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital kelas X SMKN l Padang

Kchair, Abdul (2019) Pengembangan media presentasi interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital kelas X SMKN l Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ABDUL_KCHAIR_15004072_5160_2019.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi lectora inspire merupakan upaya membantu guru dalam mengajar dan membantu siswa dalam memahami pesan pada materi pembelaj aran yang disampaikan, mampu menciptakan suasana menyenangkan, dapat menunjang motivasi, minat dan daya ingat siswa dalam memahami pembelajaran. Penelitian bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi dan efektif pada kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research & Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ASSURE. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Padang. Produk hasil pengembangan dinilai oleh ahli materi dan ahli media untuk uji praikalitas serta uji Efektivitas terhadap siswa SMK Negeri 1 Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Alat pengumpul data, lembar validasi dan angket. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi dan ahli media yakni, aspek materi memperoleh rata-rata dari validator sejumlah 4,4 dengan kategori valid dan aspek media memperoleh nilai dari validator I sebesar 4, 10 dan validator II sebesar 4, 71 dengan kategori valid. aspek materi memperoleh rata-rata dari validator sebesar 4,8. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah dikriteriakan "valid". Analisis praktikalitas dari instrumen dengan angket respon siswa SMKN 1 Padang berkaitan dengan kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran yang telah dibuat memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,75. Sehingga dapat diketahui hasil dari praktikalitas penelitian yang dilaksanakan di SMKl Padang memiliki kategori "sangat praktis" dengan nilai praktikalitas 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:43
Last Modified: 18 Feb 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25292

Actions (login required)

View Item View Item