Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IUC di SLB Lentera Bunda Kota Solok

Putri, Radha Afrilia (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Pohon Huruf Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IUC di SLB Lentera Bunda Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
A_1_ 02_RADHA_ AFRILIA_PUTRI_15003063_5522_2019.docx

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini memperlihatkan tentang seorang anak tunagrahita ringan belum bisa mengenal huruf dengan benar, hal ini terlihat ketika peneliti melakukan pengamatan pada saat belajar didalam kelas, ketika guru mengenalkan huruf pada anak, anak tidak mampu menyebutkan huruf dengan benar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa media pohon huruf dapat digunakan untuk memperjelas penyampaian atau penyajian pesan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah subjek tuggal/Sing/e Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A. Dengan teknik pengumpulan data pada kondisi baseline (A I), memberikan intervensi (B) dengan menggunakan media pohon huruf dan memberikan kondisi baseline (A2).Pada teknik analisis data peneliti menggunakan analisis visual grafik. Pada pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir instrumen. Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan dalam mengenal huruf secara positif, dimana pada kondisi base/me (A I) dan intervensi (B) Overlap adalah 00/o, dan pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) adalah 54%. Maka semakin kecil persentase overlap, semakin baik pula pengaruh pengaruh intervensi atau perlakuan terhadap perubahan tingak laku. Berdasarkan hasil tesebut menunjukkan bahwa media pohon huruf efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal hurufbagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:08
Last Modified: 18 Feb 2020 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item