Panduan Pelaksanaan Layanan lnformasi untuk Meningkatkan Kematangan Sosial dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Siswa

Elani, Surya Manggala (2019) Panduan Pelaksanaan Layanan lnformasi untuk Meningkatkan Kematangan Sosial dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_SURYA_MANGGALA_ELANI_16151044_5837_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Setiap individu hams memiliki kematangan sosial, dengan kematangan sosial individu mampu membangun hubungan harmonis dengan orang lain. Rendahnya kematangan sosial membuat seseorang cenderung melakukan tindakan tidak menyenangkan kepada orang lain salah satunya pelecehan seksual. Pelecahan seksual adalah tindakan mengganggu orang lain berkaitan dengan seksual yang menimbulkan perasaan tidak nyaman menyangkut verbal, visual dan fisik. Pencegahan pelecehan seksual dapat dilakukan dengan meningkatkan kematangan sosial melalui pemberian layanan informasi oleh guru BK/Konselor. Untuk itu perlu adanya panduan pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan kematangan sosial dalam mencegah pelecehan seksual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kematangan sosial siswa,(2) mendeskripsikan validitas dan tingkat keterpakaian atau kepraktisan panduan, (3) menghasilkan panduan pelaksanaan layanan informasi untuk meningkatkan kematangan sosial dalam pencegahan pelecehan seksual yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh guru BK/Konselor. Intrumen yang digunakan dalam adalah angket kematangan sosial, angket uji validitas isi, validitas tampilan dan angket keterpakaian panduan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri atas 3 orang ahli untuk menguji validitas tampilan panduan, 3 orang ahli untuk menguji validitas materi panduan, dan 5 orang guru BK/Konselor untuk menguji keterpakaian atau praktikalitas panduan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistik non parametrik dengan uji Konkordansi Kendall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan sosial siswa berada pada kategori sedang, panduan yang telah dikembangkan tergolong valid berdasarkan penilaian expert jugdement, praktis berdasarkan uji coba lapangan terbatas, dan efektif berdasarkan uji efektivitas. Sehingga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pemahaman kematangan sosial siswa dalam pencegahan pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Feb 2020 03:06
Last Modified: 18 Feb 2020 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item