Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Asam Basa dengan Menggunakan Metode CRI ( Certainty of Response Index) pada Ke las XII MIA di SMAN 5 Padang.

Widodo, Mugi (2019) Analisis Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Asam Basa dengan Menggunakan Metode CRI ( Certainty of Response Index) pada Ke las XII MIA di SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUGI_WIDODO_14035028_3392_2019.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Materi asam basa merupakan materi yang bersifat abstrak dan padat secara konseptual yang menyebabkan siswa cenderung sulit untuk mempelajarinya. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi asam basa. Hasil belajar yang rendah mengindikasikan bahwa masih banyak siswa yang kurang dalam memahami konsep dan salah dalam memahami konsep atau disebut juga miskonsepsi. Penelitian bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa di SMAN 5 Padang terhadap materi asam basa dan mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi yang dialami siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XII MIA 2 di SMAN 5 Padang. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sumpling, dikarenakan persentase ketidaktuntasan tertinggi siswa berada pada kelas ini. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik essay yang disertai dengan CRI ( Certainty of Response Index) dan angket penyebab miskonsepsi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata miskonsepsi yang dialami siswa pada materi asam basa adalah 32,6%. Sebanyak 44,95% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep teori asam basa; 27,3% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep menentukan kekuatan asam basa (pH), Ka, Kb, dan a; 36,4% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep hubungan antara kekuatan asam basa, Ka, Kb; dan 21,8% siswa mengalami miskonsepsi pada konsep indikator asam basa. Miskonsepsi yang dialami siswa disebabkan oleh pemikiran asosiatif siswa, reasoning yang tidak lengkap/salah, dan intuisi yang salah. Kata Kunci: Miskonsepsi, CR! (Certainty of Response Index), Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:55
Last Modified: 18 Feb 2020 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25282

Actions (login required)

View Item View Item