Efek Penggunaan LKS IPA Terna Pemanfaatan Tekanan Mengintegrasikan Literasi Saintifik Pada Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang.

Chania, Kitty Mulyati (2019) Efek Penggunaan LKS IPA Terna Pemanfaatan Tekanan Mengintegrasikan Literasi Saintifik Pada Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KITTY_MULYATI_CHANIA_15033033_3321_2019.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Abad ke-21 dikenal dengan era pengetahuan. Era ini memberikan tantangan terhadap siswa agar memiliki berbagai kemampuan. Salah satu cara pemerintah dalam menjawab tantangan ini adalah meningkatkan mutu pendidikan melalui penyempurnaan kurikulum. Dalam kurikulum 2013 diterapkan pembelajaran IP A terpadu untuk meningkatkan kompetensi siswa. Upaya lain pemerintah pelaksanaan gerakan litersi sekolah. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kompetensi aspek pengetahuan siswa masih tergolong cukup. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah ini adalah penerapan LKS IPA terpadu mengintegrasikan literasi saintifik tema pemanfaatan tekanan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki efek penerapan LKS IPA terpadu tema pemanfaatan tekanan mengintegrasikan literasi saintifik pada kompetensi siswa kelas VIII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian desain grup kontrol acak hanya dengan postes. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling bertujuan dan sampling random klaster. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 31 Padang. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII/3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi sikap untuk kompetensi sikap, dan lembar penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti antara kompetensi siswa yang menggunakan LKS IPA terpadu dengan yang tidak menggunakannya. Hasil uji ini menunjukkan bahwa LKS IPA terpadu memberikan efek yang berarti pada kompetensi siswa mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap siswa pada kelas VIII SMPN 31 Padang dengan tingkat kepercayaan 95%. Oleh karena itu, LKS IPA terpadu mengintegrasikan literasi saintifik dapat direkomendasikan kepada guru IPA dan siswa untuk digunakan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:55
Last Modified: 18 Feb 2020 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25278

Actions (login required)

View Item View Item