Kontribusi Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 10 Padang

Triyulianis, Shintya Tias (2019) Kontribusi Komunikasi Interpersonal Terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_SHINTYA_TIAS_TRIYULIANIS_15006046_5960_2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri adalah proses yang penting untuk mencapai keseimbangan diri dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan lingkungannya. Keefektifan penyesuaian diri akan menentukan tujuan yang akan dicapai. Kenyataannya masih banyak siswa yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan baik. Hal ini dilatar belakangi oleh komunikasi interpersonal yang merupakan salah satu faktor yang diduga mempengaruhi penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) komunikasi interpersonal, 2) penyesuaian diri, dan 3) kontribusi komunikasi interpersonal terhadap penyesuaian diri siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 10 Padang tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 400 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa yang terdiri dari kelas X dan XI, yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan mode skala Likert. Data di analisis dengan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa: 1) Komunikasi interpersonal siswa SMK N 10 Padang memiliki tingkat komunikasi interpersonal yang tinggi. 2) Penyesuaian diri siswa SMK N 10 Padang memiliki tingkat penyesuaian diri yang cukup baik. 3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa SMK Negeri 10 Padang yaitu sebesar 13,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:53
Last Modified: 17 Feb 2020 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item View Item