Hubungan Kreativitas dengan Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama N egeri 2 Padang

Jania, Atikah Suri (2019) Hubungan Kreativitas dengan Konsep Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama N egeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ATIKAH_SURI_JANIA_15006113_5958_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Dalam hal ini perubahan interaksi sosial serta pengendalian diri salah satunya dipengaruhi oleh konsep diri. Dengan memiliki konsep diri yang positif siswa mampu menerima keadaan dirinya dan memaksimalkan potensi dirinya. Namun, kenyataannya di lapangan masih ada siswa yang memiliki konsep diri yang negatif yaitu merasa dirinya tidak berarti, sangat sensitif terhadap kritikan serta merasa pesimis setiap kali menghadapi suatu masalah. Konsep diri adalah persepsi individu mengenai dirinya, kemampuan yang dimiliki, serta salah satu faktor penentu seseorang dalam bersikap baik atau buruk sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan, sikap, tingkah laku dan diduga salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan konsep diri siswa SMP N 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 223 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kreativitas dan angket konsep diri siswa dengan model skala Likert. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kreativitas siswa di SMP N 2 Padang secara rata-rata dikategorikan tinggi (2) konsep diri siswa di SMP N 2 Padang secara rata-rata dikategorikan tinggi (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan konsep diri siswa di SMP N 2 Padang. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK/Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, yaitu layanan informasi dan layanan konseling individual agar dapat membantu siswa yang mempunyai masalah mengenai konsep diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:52
Last Modified: 17 Feb 2020 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item