Efektivitas Pendekatan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ekobrik bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XII di SLB Perwari Padang

Dermawan, Anggie Kurnia (2019) Efektivitas Pendekatan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ekobrik bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XII di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_ANGGIE_KURNIA_DERMAWAN_15003085_5389_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada kelas XII C di SLB Perwari Padang, Keterampilan yang diberikan di SLB Perwari Padang masih sedikit dan terbatas dan juga metode pembelajaran yang diajarkan guru kepada peserta didik hanya metode demonstrasi dan ceramah, dari masalah tesebut peneliti tertarik memberikan keterampilan vokasional membuat ekobrik pada kelas XII C di SLB Perwari Padang. Peneliti menggunakan metode eksperimen yang berbentuk pre­ experimental design dengan jenis one group pretest­posttest design dengan sampel lima orang siswa tunagrahita ringan. Kemampuan yang dinilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan tunagrahita ringan dalam membuat ekobrik setelah dianalisis dengan melihat rata-rata pada saat pretest dan posttest. Data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan uji Mann Whitney. Diperoleh Uhit= 2,5 dan Utah= 2 dengan n =5 pada taraf signifikan 95% dan a=0,5. Hipotesis altematif diterima karena Uhit>Utab. Jadi terbukti bahwa pendekatan project based learning efektif dalam meningkatkan keterampialn membuat ekobrik bagi tunagrahita ringan pada kelas XII di SLB Perwari Padang. Saran dalam penelitian ini agar guru dan siswa tunagrahita ringan di SLB Perwari Padang dapat menggunakan project based learning dalam meningkatkan kemampuan membuat ekobrik bagi siswa lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:50
Last Modified: 17 Feb 2020 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25272

Actions (login required)

View Item View Item