Pengelolaan Sarana Pendidikan pada SMKN 1 Sumatera Barat

Utami, Meylisa Putri (2019) Pengelolaan Sarana Pendidikan pada SMKN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_MEYLISA_PUTRI_UTAMI_15002095_5762_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dari hasil penulis di SMK N 1 Sumatera Barat yang menunjukan masih kurang baiknya pengelolaan saranan pendidikans ekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan sarana pendidikan pada SMKN 1 Sumatera Barat. J enis penelitian ini penelitian ini bersifat deskriptif. pengelolasarana yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Sarana dan Prasarana, Ketua Labor, dan Ketua Perpustakaan pada SMKN 1 Sumatera Barat. Jumlah pengelola sarana dan prasarana pendidikan di SMKN 1 Sumatera Barat yaitu berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala likert dengan lima alternative jawabanya itu selalu(SL), Sering (SR), Kadang-Kadang (KD), Jarang (JR), Tidak Pemah (TP) yang telah di uji cobakan validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data penelitian diolah dengan rumus capaian persentase. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana pendidikan pada SMKN 1 Sumatera Barat dengani ndikator: 1) Perencanaan kebutuhan sarana sekolah dengan capaian persentase yaitu 72,22% berada pada kategori cukup, 2) Pengadaan sarana sekolah dengan capaian persentase yaitu 79,07% berada pada kategori cukup, 3) Inventarisasi sarana sekolah dengan capaian persentase yaitu 62,59% berada pada kategori cukup, 4) Pemanfaatan sarana sekolah dengan capaian persentase yaitu 77, 78% berada pada kategori cukup, 5) Pemeliharaan saranas ekolah dengan capaian persentase yaitu 83,15% berada pada kategori baik, 6) Penghapusan sarana sekolah dengan capaian persentase yaitu 85,93% berada pada kategori baik. Maka disimpulkan bahwa pengelolaan sarana pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sumatera Barat berada pada kategori cukup, ini ditandai dengan pencapaian persentase keseluruhan 76,79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:03
Last Modified: 17 Feb 2020 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item