Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Bermain Pancing Huruf Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Reserch Kelas III SLB Hikmah Reformasi Padang).

Dewi, Indryana (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Bermain Pancing Huruf Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Reserch Kelas III SLB Hikmah Reformasi Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapat seorang anak tunagrahita ringan kelas III yang mengalami permasalahan membaca dalam aspek mengenal huruf konsonan, ditandai dengan anak yang mengalami kesulitan dalam menunjukan, menyebutkan serta membedakan huruf yang diberikan oleh peneliti. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf (b, d, p, q, m, dan n) melalui bermain pancing huruf pada anak tunagrahita ringan kelas III SLB Hikmah Reformasi Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperiman dengan menggunakan subyek tunggal atau Singe! Subyek Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A.Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes kepada siswa dan juga menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf konsonan mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari kemampuan anak pada fase baseline awal (Al) 40% dan pada fase baseline akhir (A2) 88%. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwah bermain pancing huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Hikmah Reformasi Padang. Disarankan kepada guru dapat menggunakan bermain pancing huruf ini dalam mengajarkan mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:18
Last Modified: 17 Feb 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item