Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Canduang.

Amin, Nur Rahmah (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Canduang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NUR_RAHMAH_AMIN_15029014_3834_2019.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dan perlu untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya masih banyak kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. J enis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan randomize control group only design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Canduang tahun pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, didapatkan kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir kemampuan komunikasi matematis, dan data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji­ t. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruuh terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belaj ar dengan pembelaj aran konvensional. 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:16
Last Modified: 17 Feb 2020 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item View Item