Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang.

Mawarni, Dian (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DIAN_MAWARNI_1305622_3379_2019.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran. Namun, pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang masih rendah. Salah satu upaya mengatasi hal tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan untuk melihat apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan yang belajar dengan pembelajaran langsung. J enis penelitian adalah quasi-eksperiment dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 13 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada belajar dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci - Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Team Assisted Individualization, Model Pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Feb 2020 02:15
Last Modified: 17 Feb 2020 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25259

Actions (login required)

View Item View Item