Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Tentang Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMPN 11 Padang.

Handayani, Nella (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Tentang Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMPN 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NELLA_HANDAYANI_15031019_2516_2019.pdf

Download (643kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah yang di hadapi guru IP A yaitu nilai ulangan harian peserta didik, lebih dari 50% peserta didik memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengungkap ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mengungkapkan ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah, antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 64 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t'. Hasil uji t' diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung 2,18 > t1abel 2,04, pada kompetensi sikap thitung 3,36 > ttabel 2,04, sedangkan pada kompetensi keterampilan thitung 1,40 < t1abel• Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima untuk kompetensi pengetahuan dan sikap dan ditolak untuk kompetensi keterampilan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif berarti terhadap kompetensi pengetahuan dan sikap, serta tidak berpengaruh positif berarti terhadap kompetensi keterampilan peserta didik tentang materi Sistem Ekskresi di SMPN 11 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:35
Last Modified: 14 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item