Pengaruh Buku Teks IPA Terpadu Tipe Connected Terna Indera Pendengaran Dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang.

Alfikri, Aris (2019) Pengaruh Buku Teks IPA Terpadu Tipe Connected Terna Indera Pendengaran Dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARIS_ALFIKRI_15033028_5468_2019.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih belum sesuai harapan. Penyebabnya ada beberapa faktor seperti latar belakang pendidikan guru, model pembelajaran terpadu yang belum diterapkan secara optimal, kesulitan siswa dalam menghubungkan materi IPA, dan kurangnya sumber belajar IPA yang memuat keterpaduan materi sesuai tuntutan kurikulum 2013 yang berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu spekulasi solusi dari masalah ini adalah menerapkan Buku Teks IPA Terpadu tipe connected. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan Buku Teks IPA Terpadu tipe connected terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian yang diterapkan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen research) dengan skema penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel untuk penelitian dilakukan dengan memadukan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 64 siswa dari kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari lembar posttest berupa tes tertulis berbentuk soal objektif dan lembar penilaian unjuk kinerja yang diambil setiap kegiatan experimen. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan dua rata-rata, regresi linear sederhana, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang berarti dari penggunaan Buku teks IPA Terpadu dan terdapat hubungan yang signifikan penerapan Buku Teks IPA Terpadu terhadap hasil belajar siswa untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada taraf nyata 0,05. Dapat dilihat pada analisis data, bahwa untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan nilai th dan t\ berada pada daerah penolakan Ho yang berarti hasil belajar siswa mengalami perbedaan yang berarti untuk kedua kompetensi tersebut. Sedangkan untuk korelasi product moment untuk kompetensi pengetahuan dan keterampilan didapatkan nilai Txy berturut-turut sebesar 0,424 dinyatakan tingkat hubungan sedang dan sebesar 0,423 dengan tingkat hubungan sedang. Pada perhitungan koefisien determinasi didapatkan persentase kontribusi Buku Teks IPA Terpadu tipe connected pada aspek pengetahuan sebesar 17,97 %, dan aspek keterampilan sebesar 17,88 %. Kata Kunci : Buku Teks, IPA, Tipe Connected, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:34
Last Modified: 14 Feb 2020 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item