Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal MelaluiMedia Video Tutorial Bagi anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII

Noveria, Lisa (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Sandal MelaluiMedia Video Tutorial Bagi anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_LISA_NOVERIA_15003092_5309_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran keterampilan menghias sandal pada anak tunagrahita ringan kelas VIII SLB YPPLB Padang. Pada studi pendahuluan ditemukan dua orang siswa mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat, bahan dan melakukan langkah-langkah keterampilan menghias sandal dan kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas yang mendukung pembelajaran keterampilan serta menarik bagi siswa dalam memahami pelajaran di dalam kelas. J enis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan sedangkan guru kelas sebagai kolabolator. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dilakukan empat kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian yaitu dua orang siswa tunagrahita ringan. Media pembelaj aran yang digunakan adalah video tutorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan dan kemampuan yang diperoleh siswa juga meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dikategorikan masih rendah setelah diberikan tindakan pada siklus I kemampuan siswa meningkat, walaupun peningkatan yang diperoleh belum optimal dan belum mencapai kriteria penilaian. Setelah diberi tindakan pada siklus II, kemampuan siswa meningkat secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian beserta analisis data, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan menghias sandal pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:34
Last Modified: 14 Feb 2020 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item