Efektivitas Pelaksanaan Fungsi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Bungo Pasang dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan untuk Menghadapi Bencana

Valery, Varisa Kenia (2019) Efektivitas Pelaksanaan Fungsi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Bungo Pasang dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan untuk Menghadapi Bencana. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_VARISA_KENIA_VALERY_15042155_5796_2019.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negeri yang rawan bencana, dimana Kota Padang termasuk didalamnya. Topografi Kota Padang yang memiliki karakteristik yang sangat bervariasi menjadikan Kota Padang rawan terhadap bencana. Berdasarkan dari data Badan Pusat Statistik Kota Padang jumlah kecamatan di Kota Padang adalah sebanyak 11 kecamatan dan jumlah kelurahan di Kota Padang adalah sebanyak 104 kelurahan. Dari data Rencana Penanggulanagn Bencana (RPB) Kota Padang tingkat bencana yang ada di Kota Padang itu berbeda-beda. Salah satu kelurahan yang rawan terhadap bencana adalah Kelurahan Bungo Pasang, maka untuk meningkatkan kesiapsiagaan di Kelurahan Bungo Pasang di bentuklah sebuah Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Bungo Pasang pada tahun 2011. Namun pada saat sekarang ini pelaksanaan fungsi dari KSB Kelurahan Bungo Pasang belum berjalan maksimal, dimana masih terdapat beberapa kendala yang di hadapi oleh anggota KSB Kelurahan Bungo Pasang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan fungsi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Bungo Pasang dalam meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dimana sumber datanaya diambil melalui data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa efektivitas pelaksanaan fungsi kelompok siaga bencana (KSB) Kelurahan Bungo Pasang dalam meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana dapat dikatakan belum efektif dimana masih ada berbagai kendala yang ditemui saat peneliti terjun kelapangan diantaranya yaitu: kurangnya pendidikan dan pelatihan yang diterima, sarana dan prasarana yang tidak memadai, minimnya anggaran,minimnya pertemuan yang dilakukan serta kurangnya sosialiasi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Feb 2020 06:34
Last Modified: 14 Feb 2020 06:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25247

Actions (login required)

View Item View Item