Pembuatan Dye Sensitize Solar Cell (DSSC) Menggunakan GMR Sebagai Substrat dan Ekstrak Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L) Sebagai Dye Sensitizer.

Oktavia, Utami (2019) Pembuatan Dye Sensitize Solar Cell (DSSC) Menggunakan GMR Sebagai Substrat dan Ekstrak Ubi Jalar Ungu (Ipomoea Batatas L) Sebagai Dye Sensitizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_UTAMI_OKTAVIA_15036033_2610_2019.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang sangat dibutuhkan bagi manusia saat mi. N amun sumber energi masih menggunakan min yak dari fosil,gas dan batu hara. Energy tersebut merupakan energi yang tidak bisa diperbaharui. Sinar matahari salah satu energi yang bisa diperbaharui dan ramah lingkungan. Sel surya adalah salah satu altematif yang mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Salah satu jenis dari sel suya adalah Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) yang memiliki fleksibelitas dan transparasi yang baik. Pada penelitian bertujuan untuk menghasilkan DSSC dengan menggunakan kaca Giant Magnetoresistansi (GMR) sebagai substrat dan ekstrak ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) sebagai dye sensitizer dengan variasi konsentrasi dan waktu perendaman. Hasil penelitian mendapatkan kaca GMR dapat digunakan sebagai substrat pada DSSC. Kaea GMR memiliki resisitensi 124.63 n dan resitsivitas 0.00194 nm. Dari hasil pengujian kaca GMR pada DSSC diketahui efisiensi dipengaruhi oleh konsentrasi dan waktu perendaman. Kata Kunci : GMR, Dye Sensitizer Solar Cell, Ubi Jalar Ungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:05
Last Modified: 13 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25233

Actions (login required)

View Item View Item