Florency, Radicha (2019) Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
1_RADICHA_FLORENCY_15002104_5753_2019.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan penulis mengenai kompetensi pedagogik guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pariaman belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMK Negeri 2 Pariaman yang berjumlah sebanyak 88 orang. Untuk penarikan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling yang diperoleh sebanyak 49 orang. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala likert dengan altematif jawaban Sangat Mampu (SM), Mampu (M), Kurang Mampu (KM), Tidak Mampu (TM), Sangat Tidak Mampu (STM). Angket tersebut sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa ( 1) Kemampuan guru dalam menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural dengan skor rata-rata 79,9 pada kategori Kurang Mampu (2) Kemampuan guru dalam menguasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dengan skor rata-rata 78,2 pada kategori Kurang Mampu. (3) Kemampuan guru dalam mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu dengan skor rata-rata 83,9 pada kategori Mampu. (4) Kemampuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan skor rata-rata 80,3 pada kategori Mampu. (5) Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dengan skor rata-rata 81,4 pada kategori Mampu. (6) Kemampuan guru dalam memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dengan skor rata-rata 77,9 pada kategori Kurang Mampu. (7) Kemampuan guru dalam berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan skor rata-rata 78,9 pada kategori Kurang Mampu. (8) Kemampuan guru dalam menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dengan skor rata-rata 79,1 pada kategori Kurang Mampu. (9) Kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dengan skor rata-rata 79,7 pada kategori Kurang Mampu. (10) Kemampuan guru dalam melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran dengan skor rata-rata 82,9 pada kategori Mampu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 13 Feb 2020 08:05 |
Last Modified: | 13 Feb 2020 08:05 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25232 |
Actions (login required)
View Item |