Pengembangan Model Pembelajaran Menulis dalam Bahasa Inggris Berbasis Cognitive Genre Based Approach

Rozimela, Yenni and Wahyuni, Delvi (2018) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis dalam Bahasa Inggris Berbasis Cognitive Genre Based Approach. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_232_lapakh_LaporanPenelitianCGA100.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Pada tahun pertama Tim Peneliti telah selesai merancang cetak biru model pembelajaran menulis dalam bahasa Inggris berbasis cognitive-genre based approach. Adapun bahan pertimbangan yang digunakan untuk merancang cetak biru tersebut diatas meliputi temuan-temuan penelitian pada tahun ke-1. Oleh sebab itu, penelitian tahun ke-2 diperlukan untuk mengimplementasikan model yang sudah dirancang untuk menguji kemangkusan model tersebut dalam mengatasi masalah kompetensi linguitik yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menulis dalam bahasa Inggris (selanjutnya disebut writing) terutama untuk bidang academic writing. Seterusnya, implementasi ini diperlukan sehingga model yang sudah dirancang bisa disempurnakan sebelum diproduksi dan didiseminasi secara gamblang dalam bentuk buku ajar atau teks yang berpotensi untuk mendapatkan HAKI. Selain itu, penelitian tahun ke-2 juga berpotensi menghasilkan modal ilmiah untuk menghasilkan pendekatan atau teori yang bisa menjadi dasar untuk perancangan purwa-rupa teknologi yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Dalam hal ini perlu ditekankan bahwa kompetensi linguistik penting untuk keberhasilan pembelajaran keahlian menulis. Terlebih lagi kajian-kajian terdahulu menemukan bahwa tingkat pengetahuan linguistik menjadi salah satu faktor penyebab tingginya level writing anxiety atau ketakutan menulis dalam bahasa asing (Zhang, 2011; Pimsarn, 2013; Rezaei & Jafari, 2014; Shukri, 2014).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:05
Last Modified: 13 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25229

Actions (login required)

View Item View Item