Meningkatkan Keterampilan Vokasional Sulam Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing untuk Anak Autisme di SLB Autisma YPPA Padang

Wahyuningsih, Esti (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Sulam Melalui Model Pembelajaran Learning By Doing untuk Anak Autisme di SLB Autisma YPPA Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_ESTI_WAHYUNINGSIH_15003120_4996_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tiga peserta didik yang mengalami masalah dalam keterampilan vokasional membuat kreasi sulam hiasan dinding. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa peserta didik memiliki minat dan bakat yang baik dalam menyulam. Tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan vokasional membuat kreasi sulam hiasan dinding melalui model pembelajaran learning by doing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran vokasional membuat kreasi sulam hiasan dinding untuk anak autisme kelas X dilakukan melalui model pembelajaran learning by doing. Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan. Pada pertemuan pertama sampai pertemuan keempat TQ mendapat nilai 45%, 55%, 55%, dan 62,5%, UM mendapat nilai 50%, 60%, 60%, dan 67,5%, dan NA 50%, 65%, 65%, dan 70%. Pada siklus II TQ mendapat nilai 70%, 70%, 75%, dan 82,5%, UM mendapat nilai 77,5%, 77,5%, 80%, dan 82,5%, dan NA mendapat nilai 85%, 85%, 90%, dan 90%. Kesimpulannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sulam hiasan dinding dapat meningkat melalui model pembelajaran learning by doing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:05
Last Modified: 13 Feb 2020 08:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item