Penelahaan Aspek Kejurnalistikan dalam Film "Mau Jadi Apa?" Karya Soleh Solihun dan Implementasinya pada Pembelajaran Mata Kuliah Pilihan Jurnalistik di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNP

Pramesti, Utami Dewi and Rasyid, Yulianti (2018) Penelahaan Aspek Kejurnalistikan dalam Film "Mau Jadi Apa?" Karya Soleh Solihun dan Implementasinya pada Pembelajaran Mata Kuliah Pilihan Jurnalistik di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNP. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_224_lapakh_LaporanAkhirFilmMauJadiApa2018-converted2.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Film “Mau Jadi Apa?” karya Soleh Solehun adalah sebuah film drama komedi yang diangkat dari sebuah buku autobiografi yang berisi kisah perjalanan tokoh utama yaitu Soleh beserta teman-temannya yang berperan sebagai mahasiswa sebuah universitas ternama di Jawa Barat. Film ini kaya akan kisah kejurnalistikan khususnya di lingkungan kampus saat berkembangnya era reformasi. Oleh karena itu, penelahaan kajian kejurnalistikan sangat menarik dilakukan pada film ini karena sifat komedi, film ini sarat hiburan juga kaya akan nilai-nilai pembelajaran kejurnalistikan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bidang kejurnalistikan yang menyangkut prisnsip, jenis, metode, dan kode etik kejurnalistikan serta keredaksian dalam sebuah institusi media massa sehingga pada akhirnya film ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik dan bermakna dalam mata kuliah pilihan jurnalistik di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. Dengan menemukan dan menganalisis film tersebut, bisa jadi bahan awal dalam penyusunan media pembelajaran yang menarik diharapkan mata kuliah pendahuluan kejurnalistikan seperti mata kuliah pengantar jurnalistik dan keredaksian yang sangat bersifat teoritis menjadi lebih menarik dan variatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan dibantu tabel analisis isi. Data penelitian ini adalah pernyataan dan segala tindakan tokoh yang bernilai kejurnalistikan yang meliputi nilai hakikat jurnalistik, tulisan jurnalistik, keredaksian, wartawan dan kejurnalistikan, berita, fotografi, media massa. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa aspek jurnalistik ditemukan yaitu struktur dan tugas keredaksian, jenis jurnalistik, kewartawanan, dan kode etik jurnalistik; struktur kerdaksian yang ditemukan yaitu pemimpin redaksi, layouter, redaktur, bagian humas dan pemasaran, reporter, dan redaksi pelaksana; jenis-jenis jurnalistik yang terdapat dalam film ini yaitu jurnalistik kuning dan jurnalistik presisi, dan jurnalistik sensasional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 13 Feb 2020 08:04
Last Modified: 13 Feb 2020 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item