Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang

Juliadi, Oni (2019) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_ONI_JULIADI_1100630_5767_2019.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah masih terlihat pemisahan antarbidang studi, guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa dan memupuk kemampuan siswa untuk memecahkan masalah tersebut sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan model PBL dalam peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II,perencanaan pembelajaran memperoleh rata-rata dari 86,11% (B) menjadi 97,22% (AB), aktivitas guru dari 76,78% (C) menjadi 94,64% (AB), aktivitas siswa dari 73,21% (C) menjadi 92,86% (AB), dan hasil belajar siswa aspek sikap siklus I memperoleh rata-rata 2.80 meningkat menjadi 3.33, aspek pengetahuanrata-rata 3,06 menjadi 3,87, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 2,86 menjadi 3.23. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25222

Actions (login required)

View Item View Item