Hubungan Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Mahardikawati, Estelita (2019) Hubungan Stres Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan di Perusahaan dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ESTELITA_MAHARDIKAWATI_15006062_5918_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Stres kerja merupakan suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidakseimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi, proses pikir dan kondisi seorang karyawan. Stres yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungan, sebagai hasilnya pada diri karyawan menimbulkan ketidakpuasan mereka dalam bekerja. Kepuasan kerja merupakan cara individu merasakan pekerjaannya yang dihasilkan dari sikap individu tersebut terhadap berbagai aspek yang terkandung dalam pekerjaan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah stres kerja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan stres kerja karyawan, (2) mendeskripsikan kepuasan kerja karyawan (3) menguji hubungan antara stres kerja karyawan dengan kepuasan kerja karyawan di perusahaan dan (4) mendeskripsikan bagaimana implikasinya dalam layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian service Auto 2000 Ladang Laweh kecamatan Banu hampu, Bukittinggi yang berjumlah 12 karyawan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket stres kerja dan angket kepuasan kerja. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) stres kerja karyawan berada pada kategori rendah, (2) kepuasan kerja karyawan berada pada kategori tinggi dan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara stres kerja dengan kepuasan kerja karyawan dengan koefisien korelasi -0,635 yang berada pada taraf signifikansi 0,027. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada konselor untuk dapat memberikan beberapa bidang layanan di dunia usaha industri seperti penempatan kerja, penyesuaian kerja, kepuasan kerja, pemindahan kerja dan pengentasan masalah lainnya, agar dapat membantu untuk meringankan stres kerja dan meningkatkan kepuasan kerja karyawan di perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25217

Actions (login required)

View Item View Item