Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Model Integrated dengan Tema Biomagnetik pada Makhluk Hidup

Fitriani, Henny (2019) Pengembangan Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs Model Integrated dengan Tema Biomagnetik pada Makhluk Hidup. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HENNY_FITRIANI_15175018_2219_2019.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Penerapan IPA terpadu di MTsN 6 Padang menggunakan buku teks kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh pemerintah belum memperlihatkan kesinambungan antara materi IPA (Fisika, Biologi dan Kimia). Padahal tujuan dari kurikulum 2013 adalah melihat keterpaduan materi. Salah satu cara untuk mengimplikasikan tujuan dari kurikulum 2013 adalah dengan mengembangkan buku teks pelajaran IPA model integrated dengan tema biomagnetik pada makhluk hidup dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R and D) menggunakan model pengembangan Reeves yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, analysis of practical problems, design and development the prototipe, iterative testing and refinements, reflection and implementation. Data yang digunakan berupa data hasil analisis kebutuhan, data hasil validasi buku teks pelajaran yang dilakukan oleh validator, data praktikalitas dari guru dan peserta didik, dan data efektivitas diperoleh dari hasil evaluasi peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: angket, lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar penilaian efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan skala Likert. Hasil tahap problem analysis diperoleh informasi perlunya dilakukan pengembangan buku teks pelajaran IPA model integrated dengan tema biomagnetik pada makhluk hidup. Hasil tahap design and development prototipe diperoleh rancangan buku teks pelajaran IPA model integrated dengan tema biomagnetik pada makhluk hidup. Tahap iterative testing and refinements buku teks telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 0,86. Hasil tahap reflection and implementation dihasilkan kepraktisan buku teks terhadap respon guru berada pada nilai 82,27% dengan kategori sangat praktis dan kepraktisan dari respon peserta didik berada pada kategori praktis dengan nilai 79,20%. Buku teks pelajaran IPA model integrated efektif dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik dengan nilai rata-rata 81,02 , kompetensi sikap dengan nilai rata-rata 81 dan kompetensi keterampilan peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 78,52 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25216

Actions (login required)

View Item View Item