Pengaruh Weight Training terhadap Daya Ledak Otot Lengan (Studi Eksperiment pada Atlet Karate Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang)

Aprisandy, Dwipa (2019) Pengaruh Weight Training terhadap Daya Ledak Otot Lengan (Studi Eksperiment pada Atlet Karate Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DWIPA_APRISANDY_15086019_3462_2019.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada kenyataan mengenai rendahnya kemampuan memukul atlet karate Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang, masalah ini diduga disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot lengan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperiment semu dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Weight Training menggunakan Bench Press terhadap daya ledak otot lengan atlet karate Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2019 di Gedung Labor FIK tepat nya di aula karate dan Fitnes Centre. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet karate Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Padang yang berjumlah 30 orang dimana sebanyak 22 orang atlet putra dan 8 orang atlet putri yang berusia 18-25 tahun dan sampel diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling sebanyak 15 orang atlet putra dan putri yang berumur 18-20 atau Under 21. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan tes Two Hand Medicine Ball Push. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-test. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Hasil pengolahaan data dalam penelitian ini adalah: 1) diperoleh rata-rata (2.96) menjadi (3.48), artinya penerapaan Weight Training dengan bentuk latihan beban menggunakan bench press dapat menungkatkan daya ledak otot lengan ditandai dengan diperoleh thitung (5,1376) > ttabel (1.753), artinya penerapan Weight Training manggunakan Bench Press dapat meningkatkan daya ledak otot lengan atlet karate Pendidikan Olahraga Unverisitas Negeri Padang, dimana menunjukan hasil yang baik. Kata kunci : Weight Training, Daya Ledak, Otot Lengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Feb 2020 03:55
Last Modified: 13 Feb 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25213

Actions (login required)

View Item View Item